Selamat Datang di Blog aku, famly dan Hutan Gorontalo

Kamis, 20 November 2008

Penanaman Swadya Masyarakat Hari ini Tanam Besok ……Kaya…….


Pengurangan dampak terhadap pemanasan global merupakan kewajiban semua komponen baik masyarakat maupun pemerintah, salah satu bentuk kegiatan yang dapat dilakukan adalah penanaman pohon disekitar lingkungan tempat tinggal kita. Untuk menggerakkan kegiatan penanaman pohon sebagai bagian dari partisipasi masyarakat secara swadaya pada tanggal 19 Nopember 2008 Balai Penggelolaan DAS Bone Bolango Provinsi Gorontalo dan Dinas Kehutanan Pertambangan dan Energi Kabupaten Gorontalo serta Kantor Kecamatan Limboto Barat melakukan pencanangan Penanaman Swadaya Masyarakat di Desa Huidu Utara Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.
Dalam kesempatan ini sambutan disampaikan oleh Dr. Eko Warsito selaku Kepala Balai mengingatkan bahwa bencana banjir yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir di Gorontalo sebagai akibat kelalaian manusia dalam mengelola sumber daya alam oleh sebab itu perlu upaya pencegahan melalui kegiatan penanaman pohon dan diharapkan masyarakat dapat melakukannya secara swadaya. Sambutan pencanangan juga disampaikan oleh Bupati Kabupaten Gorontalo dalam hal ini diwakilkan oleh Ir. Abdulbar Yahya, ME selaku Kepala Dinas Kehutanan Pertambangan dan Energi memberikan pencerahan bahwa penanaman pohon menimbulkan dampak yang menguntungkan baik di dunia maupun akhirat. Penanaman pohon insya allah diakhirat sebagai amal ibadah dimana pohon yang nantinya tumbuh memberikan oksigen yang berguna bagi manusia. Segi ekonomi pun dapat meningkatkan pendapatan masyarakat bahwa menaman pohon sebagai investasi dimasa-masa yang akan datang 5 atau 10 tahun kedepan dapat memberikan penghasilan dan kecendrungan bahwa harga jual kayu akan semakin mahal.
Penyerahan bibit dalam kegiatan pencanangan penanaman swadaya dilakukan secara simbolis oleh Kepala Balai dan Kepala Dinas kepada wakil masyarakat. Jumlah bibit secara keselurahan untuk mendukung penanaman swadaya sebanyak 15.000 anakan untuk Desa Huidu Utara dan 6.000 anakan untuk Desa Huidu dengan jenis bibit Jati dan Mahoni setelah penyerahan bibit, Kepala Balai, Kepala Dinas dan Camat bersama masyarakat yang turut hadir dalam acara tersebut melakukan penanaman pohon di sekitar lokasi pencanangan. Penanaman secara swadaya juga diharapkan turut mensukseskan hari menanam pohon Indonesia dan Bulan Menanam Pohon yang insya allah akan dicanangkan pada tanggal 28 Nopember 2008 oleh Presiden Republik Indonesia.
Menanam pohon untuk masa depan yang lebih baik…. Sudahkah SaYA Menanam POHON ……………???????

Tidak ada komentar: